SCOPE OF SERVICES

Consultancy
In-House Training
Seminar
Workshop
Class





Search This Blog

My Book

Tuesday, June 30, 2009

ARTI SEBUAH KATA CUSTOMER
Sesudah membaca beberapa artikel dari salah satu milis yang saya gabung maka saya terinspirasi buat mem-postingkan artikel ini : Masih ingatkah Anda pada saat menggunakan jasa transportasi udara alias naik pesawat dengan jalur penerbangan domestik ? maka Anda akan dipanggil sebagai "Penumpang" padahal nurut info yang saya peroleh bahwa kata "Penumpang" berasal dari pe ( awalan ) --numpang. Nah kata "Numpang bisa diartikan "nunut" atau "nebeng" padahal Andakan bayar tuh tiketnya ( yang pasti bayarnya dengan uang bukan dengan daun ). Dan kalo diluar negeri masih cenderung menggunakan kata "Passengger" ( konon sudah ada maskapai penerbangan yang mulai menggunakan kata "Guest" alias tamu ) yang kalo diartikan juga adalah "Penumpang". Inilah mungkin sekilas mengenai gambaran dari yang namanya "Service of Excellence" yang tidak hanya utamakan dari segi pelayanan saja tapi juga harus diperhatikan dari segi penggunaan kata-kata. Lanjut, bagaimana dengan kata "Customer" yang sering kali Anda ucapkan yang artinya adalah pelanggan dimana kalau awalannya kita buang dan terus kita nambah akhiran maka akan berubah menjadi "Langganan". Dan kata "Langganan" memberikan arti bahwa seorang "Pembeli" akan terus membeli sesuatu secara berulang-ulang. Sedangkan kata "Pembeli" dalam bahasa Inggris adalah buyer atau purchaser, namun kita sudah terbiasa menggunakan kata "Customer" alias pelanggan, nah apakah selama ini seorang "Customer" akan tetap menjadi pembeli yang setia alias "Repeat Order" terus. Hehehe................saya biarkan Anda sendiri yang menjawab.