SCOPE OF SERVICES

Consultancy
In-House Training
Seminar
Workshop
Class





Search This Blog

My Book

Saturday, July 4, 2009

MARKETING ?
Pertanyaan yang sering diajukan ke saya adalah “Pak, apa itu definisi Ilmu Marketing?” wah ini mah pertanyaan SUSAN alias susah-susah ringan hehehe. Karena dewasa ini definisi dari kata “Ilmu Marketing” bisa saja sangat beraneka-ragam hal ini dikarenakan setiap pakar marketing mempunyai pandangan yang berbeda – beda alias punya versi tersendiri hehehe……..ngomong-ngomong udah di hak paten belum nich?
Katakanlah Tung Desem Waringin melalui bukunya yang berjudul “Marketing Revolution” beranggapan bahwa definisi Ilmu Marketing adalah ilmu menyampaikan penawaran kepada target market sehingga terjadi penjualan yang bersinambungan. Nah gimana dong dengan pandangan dari pakar marketing yang biasanya disebut-sebut sebagai “Bapak Pemasaran Modern” siapa lagi kalau bukan Philip Kotler melalui bukunya yang berjudul “Marketing Insights From A to Z” sempat mengutarakan bahwa: Inilah definisi saya tentang pemasaran : “Marketing is the business function that identifies unfulfilled needs and wants, defines and measures their magnitude and potential profitability, determines which target markets the organization can best serve, decides on appropriate products, services, and programs to serve these chosen markets, and calls upon everyone in the organization to think and serve the customers.” Maaf para pembaca yang budiman karena berhubung info yang kita peroleh adalah versi bahasa Inggris, kalo mau yang versi bahasa Indonesia yah silakan Anda beli di toko buku kesayangan Anda. Terus John Riddle yang melalui bukunya yang berjudul “Business Management” yang setebal 369 halaman, beliau sempat menuliskan Marketing is a managed set of activities. Dan menurut AMA, Anda akan salah jika mengartikan sebagai Asosiasi Manajemen Indonesia hehehe, ayuk bangun jangan ketiduran!!! menurut American Marketing Association ( AMA ) bahwa “Marketing is an organizational function and a set of processes for creating, communicating, and delivening value to customers and for managing customer relationships in ways that benefit the organization and its stakeholders” silakan lihat di www.marketingpower.com, sumber diperoleh dari bukunya Istijanto, MM,MCom yang berjudul 63 Kasus Pemasaran Terkini Indonesia, salah satu my favorite book. Begitulah pandangan dari para pakar marketing yang saya kenal,,,,,,,,maaf maksud saya yang pernah saya baca bukunya.
Namun definisi ilmu marketing bagi saya adalah The Art to Sharpen your “CREATIVITY”, ya!!! benar kreativitas, 100% Anda tidak salah membaca. Hanya dengan melalui kreativitas sehingga produk Anda benar-benar bisa tampil beda jika dibandingkan dengan para kompetitor Anda atau yang juga sering dikenal dengan sebutan diferensiasi. Dan dalam penjabaran yang jauh lebih luas lagi maka sebuah kata kreativitas harus bisa mendatangkan perhatian konsumen secara mind share maupun heart share—yang akhirnya membukukan penjualan (baca: market share), karena tujuan utama dari marketing adalah HARUS BISA MENJUAL, because nothing happens until it sell’s, seperti yang sering saya ungkapkan pada setiap pelatihan Selling Skill’s yang saya bawahkan.
Sedangkan SMARTWISE MARKETING adalah sebuah karya yang intinya memaparkan bahwa "Marketing Must Be CREATIVE", dimana yang terdiri atas 13 Rahasia Terkreatif dalam Marketing yang merupakan hasil dari pemetaan dan modeling dari berbagai studi kasus dilapangan dengan penyajian contoh soal yang nyata alias "LIVE"